Lebih Lanjut tentang Kembang Api


Kembang api pada perayaan kemerdekaan di San Diego, USA - Lebih Lanjut tentang Kembang Api Fireworks - www.simbya.blogspot.com
Kembang api pada perayaan
kemerdekaan di San Diego, USA.
Terinspirasi dari Kumpulan Photo Kembang Api (Fireworks) Yang Keren-keren, dan ketertarikan akan fenomena sains dan keagungan Sang Pencipta, Simbya ingin mengeksplorasi Kembang Api sedikit lebih jauh.

Catatan : halaman ini memiliki banyak gambar, loadingnya mungkin membutuhkan waktu.



Mari kita mulai dengan apa itu Kembang Api.

Kembang api adalah bahan peledak piroteknik berdaya ledak rendah yang digunakan umumnya untuk estetika dan hiburan. Salah satu bentuk kembang api yang umum adalah dalam pertunjukan kembang api. Kembang api menghasilkan empat efek primer: suara, cahaya, asap, dan bahan terbang (contohnya confetti). Kembang api dirancang agar dapat meletus sedemikian rupa dan menghasilkan cahaya yang berwarna-warni seperti merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, dan perak. Pertunjukan kembang api umum di seluruh dunia dan merupakan titik pertemuan banyak pesta kultural dan religius.

Dokumentasi paling awal tentang kembang api mengajak kita kembali ke abad ke-7 Cina, negara tempat mereka diciptakan. Kembang api yang digunakan untuk mengiringi banyak perayaan yang merupakan bagian dari budaya China sampai akhirnya menyebar ke budaya lain. Peristiwa penting dan perayaan seperti Festival Musim Semi (Imlek, Tahun Baru China) dan Festival Pertengahan Musim Gugur. Cina adalah produsen dan eksportir terbesar kembang api di dunia.

Kembang api di sebuah festival di Kurume, Jepang - Lebih Lanjut tentang Kembang Api Fireworks - www.simbya.blogspot.com
Kembang api di sebuah festival di Kurume, Jepang
Kembang api umumnya diklasifikasikan menjadi dua bagian yaitu kembang api darat dan kembang api udara. Pada kembang api udara terdiri dari propulsi dan/atau mortir. Bagian yang paling umum dari kembang api adalah kertas atau karton tabung atau kasing yang diisi dengan bahan yang mudah terbakar, biasanya piroteknik bintang. Sejumlah tabung sering dikombinasikan sehingga ketika dinyalakan membuat berbagai macam bentuk api yang berkilauan, dengan berbagai warna. 'Skyrocket' (Simbya: mercon) adalah bentuk umum dari kembang api, meskipun skyrocket pertama digunakan dalam perang. Seperti teknologi roket juga telah digunakan untuk pengiriman barang antariksa dengan roket dan digunakan sebagai penggerak untuk sebagian besar Model roket. Kembang api darat, meskipun kurang populer daripada kembang api udara, membuat pameran yang menakjubkan. Jenis kembang api seperti ini yang dapat menghasilkan berbagai bentuk, mulai dari lingkaran berputar sederhana, sampai bentuk bintang dan bola dunia 3D.

Sejarah

Kembang api pada Pembukaan Olimpiade 2008
di Beijing - Lebih Lanjut tentang Kembang Api Fireworks - www.simbya.blogspot.com
Kembang api pada Pembukaan Olimpiade 2008
di Beijing.
Kembang api diciptakan pada abad ke-7 di Cina. Orang Cina mengembangkan berbagai macam kembang api dengan berbagai efek dan warna. Seni dan ilmu pembuatan kembang api berkembang menjadi profesi yang independen. Di Cina, pyrotechnicians (Simbya:pembuat kembang api) dihormati karena pengetahuan mereka tentang teknik yang rumit dalam menampilkan kembang api.

Selama Dinasti Song (960-1279), banyak dari orang biasa bisa membeli berbagai jenis kembang api. Pada 1110, sebuah pesta kembang api dalam sebuah acara demonstrasi bela diri digelar untuk menghibur Kaisar Huizong Song (r. 1100-1125). Sebuah catatan pada tahun 1264 menyatakan bahwa pesta kembang api roket dinyalakan untuk Janda Permaisuri Gong Sheng pada suatu pesta yang diadakan untuk menghormatinya serta anaknya Kaisar Lizong Song (r. 1224-1264).

Kembang api di sebuah Festival di Ottawa Kanada - Lebih Lanjut tentang Kembang Api Fireworks - www.simbya.blogspot.com
Kembang api di sebuah
Festival
di Ottawa Kanada
Propulsi roket, seperti yang terjadi dalam peperangan, sebagaimana dibuktikan oleh Huolongjing dan disusun oleh Liu Ji (1311-1375 ) dan Jiao Yu (fl. c. 1350-1412). Kemuadian pada 1240 orang-orang Arab memperoleh pengetahuan tentang mesiu dari China. Seorang bernama Suriah Hasan al-Rammah menulis tentang roket, kembang api, dan incendiaries lainnya, menggunakan istilah yang menunjukkan ia berasal dari sumber-sumber pengetahuannya di Cina, seperti menyebutkan kembang api sebagai "bunga Cina".

Amédée-François Frézier menerbitkan sebuah buku "Treatise on Fireworks" pada tahun 1706, meliputi penggunaan kembang api untuk rekreasi dan upacara. Buku ini menjadi teks standar untuk para pembuat kembang api. Musik untuk Kembang Api Kerajaan diciptakan oleh George Frideric Handel pada 1749 untuk merayakan perdamaian Perjanjian Aix-la-Chapelle, yang telah dideklarasikan setahun sebelumnya.

Keamanan

Penyalahgunaan kembang api dapat sangat membahayakan, baik untuk orang yang menyalakannya (resiko luka bakar) dan untuk para penonton dan pengamat, di samping itu, Kembang api mungkin akan memulai kebakaran setelah mendarat pada bahan yang mudah terbakar. Untuk alasan ini, penggunaan kembang api umumnya dibatasi secara hukum.

Kembang api khusus dibatasi oleh hukum untuk digunakan oleh para profesional, sedangkan kembang api biasa, tersedia untuk umum, merupakan versi lebih kecil dan mengandung zat propulsi dan peledak dalam jumlah terbatas untuk mengurangi potensi bahaya. Kembang api juga dapat menimbulkan masalah bagi hewan, baik domestik maupun liar, yang mungkin takut oleh kebisingan, menyebabkan mereka melarikan diri dan menyakiti diri mereka dalam upaya untuk melarikan diri.

Karena tingkat bahaya, kembang api dilarang di beberapa kota di Amerika Serikat - Lebih Lanjut tentang Kembang Api Fireworks - www.simbya.blogspot.com
Karena tingkat bahaya, kembang api dilarang di beberapa kota di Amerika Serikat



Kompetisi

Kompetisi piroteknik yang melibatkan kembang api diadakan di banyak negara. Salah satu kompetisi yang paling bergengsi kembang api adalah Montreal Fireworks Festival, sebuah kompetisi tahunan yang diselenggarakan di Montreal, Quebec, Kanada. Persaingan lain yang juga sangat megah adalah Le Festival d'Art Pyrotechnique yang diselenggarakan pada musim panas setiap tahunnya di Teluk Cannes di Côte d'Azur , Perancis. Olimpiade Pyro Dunia merupakan kompetisi tahunan antara perusahaan pembuat kembang api terbaik di dunia. Acara ini diadakan di Manila, Filipina. Merupakan salah satu kompetisi kembang api terbesar dan paling intens di dunia.

Rekor Dunia Kembang Api

Guinness World Records - Lebih Lanjut tentang Kembang Api Fireworks - www.simbya.blogspot.com
Guinness World Records
Berikut ini adalah rekor dunia yang berkaitan dengan Kembang Api pada Guinness World Records pada per tanggal 18 Juni 2011 adalah:

Kembang Api Roda Catherine
Sebuah roda kembang api dirancang oleh Pabrik Kembang Api Lily dan menembakkan setidaknya satu putaran pada malam festival tahunan Our Lady Of The Lilies. Pabrik Lily Fireworks, Mqabba, Malta saat ini memegang rekor ini, membakar roda Catherine dengan diameter 32,044 m (105 ft 1,56 di), pada tanggal 18 Juni 2011.

Pesta Kembang Api Terbesar
Rekor untuk menampilkan kembang api terbesar terdiri dari 66.326 kembang api dan dicapai oleh Macedo'S Pirotecnia Lda. di Funchal, Madeira, Portugal, pada tanggal 31 Desember 2006.

Kembang Api Air Terjun terpanjang
Air terjun kembang api terpanjang di dunia adalah 'Air Terjun Niagara', yang diukur 3,517.23 m (11.539 ft 5 in) saat dinyalakan pada tanggal 23 Agustus 2008 di Laut Ariake Fireworks Festival, Fukuoka, Jepang.

Kembang Api Roket Terbanyak yang Diluncurkan dalam 30 detik
Kembang Api Roket Terbanyak yang Diluncurkan dalam 30 detik adalah sejumlah 125.801 buah, dalam upaya yang diselenggarakan oleh Pyroworks International Inc (Filipina), di Cebu, Filipina, pada tanggal 8 Mei 2010.

Kembang Api Roket Terbesar
Roket kembang api terbesar beratnya mencapai 13,40 kg dan diproduksi dan diluncurkan oleh Associação Nacional de Empresas de Produtos Explosivos (Portugal) pada Simposium Internasional ke-12 di Fireworks di Oporto dan Vila Nova de Gaia, Portugal, pada tanggal 13 Oktober 2010.


Pyrotechnics Guild International
Pyrotechnics Guild International, Inc atau PGI, didirikan pada tahun 1969, adalah sebuah organisasi nirlaba independen di seluruh dunia bagi para penggemar kembang api amatir dan profesional. Organisasi ini sangat penting bagi sejumlah besar anggotanya yang sekitar 3.500 anggota.

Seseorang sedang menyiapkan peluncuran Kembang api - Lebih Lanjut tentang Kembang Api Fireworks - www.simbya.blogspot.com
Seseorang sedang menyiapkan peluncuran Kembang api. Buusseeet.
PGI didirikan semata-mata untuk mengkampanyekan penggunaan kembang api yang aman dan keindahan baik untuk kalangan profesional maupun kalangan umum, sambil memajukan seni dan kerajinan kembang api dan melestarikan aspek historisnya. Setiap Agustus PGI melakukan konvesi tahunan selama seminggu, di mana para pembuat kembang api terbesar dan terbaik di dunia menampilkan keahliannya. Para penjual, dan anggota klub datang dari seluruh bagian dunia untuk menikmati pertunjukan dan menjadi relawan untuk membantu di acara ini.

Kembang Api di atas langit Sidney Opera House - Lebih Lanjut tentang Kembang Api Fireworks - www.simbya.blogspot.com
Kembang Api di atas langit Sidney Opera House
Selain menunjukkan kembang api malam, kompetisi adalah acara utama dari konvensi ini. Ini adalah peristiwa yang benar-benar unik di mana setiap orang dapat menampilkan kreasi kembang api yang dinilai kompetitif, mulai dari roket kembang api sederhana sampai yang sangat besar dan kompleks.

Anggota amatir dan profesional dapat datang ke konvensi untuk membeli kembang api, serta bahan-bahannya, dan banyak lagi di pameran dagang PGI. Sebelum menampilkan kembang api malam dan kompetisi, anggota klub memiliki kesempatan untuk menikmati pertunjukan terbuka mengenai kembang api kelas profesional, serta pengujian dan menampilkan rancang bangun kembang api. Minggu berakhir dengan Tampilan Publik pada Jumat malam, dimana perusahaan display kembang api terpilih diberi kesempatan untuk memamerkan barang-barang dan karya mereka di depan para pecinta kembang api terbesar di dunia. Stake-nya sangat tinggi dan begitu banyak perencanaan yang dimasukkan ke dalam pertunjukan. (Simbya:woooww...kereeenn)

Festival Kembang Api di Seluruh Dunia

Festival Kembang Api di Jepang

Selama musim panas di Jepang, Festival Kembang Api (花火 HANABI taikai) diadakan hampir setiap hari di suatu tempat negara itu, secara total berjumlah lebih dari 200 selama bulan Agustus. Festival Kembang Api itu terdiri dari pertunjukan besar, yang terbesar yang digunakan antara 100.000 dan 120.000 putaran (Tondabayashi, Osaka), dan dapat menarik lebih dari 800.000 penonton. PKL mendirikan kios-kios untuk menjual berbagai minuman dan makanan pokok Jepang (seperti Yakisoba, Okonomiyaki, Takoyaki, kakigori (es serut), dan festival permainan tradisional diadakan, seperti Kingyo-sukui, atau menyendok Goldfish.

Bahkan saat ini, pria dan wanita menghadiri acara tradisional mengenakan Yukata, Kimono musim panas, atau Jinbei (pria saja), mereka berkumpul dalam lingkaran sosial yang umumnya terdiri dari keluarga atau teman untuk duduk-seperti piknik, makan dan minum, saat menonton pertunjukan.

Festival kembang api pertama di Jepang diadakan pada tahun 1733.

Festival Kembang Api di Singapura

Kembang Api di Singapore Fireworks Festival 2006 - Lebih Lanjut tentang Kembang Api Fireworks - www.simbya.blogspot.com
Kembang Api di Singapore Fireworks Festival 2006
The Singapore Fireworks Celebrations (sebelumnya Singapore Fireworks Festival) adalah acara tahunan yang diadakan di Singapura sebagai bagian dari perayaan Hari Nasional. Festival ini menampilkan tim kembang api lokal dan asing yang menampilkan peluncuran kembang api pada malam yang berbeda.

Festival tahunan ini tumbuh dalam jumlah kembang api yang dinyalakan, dari 4.000 putaran digunakan pada tahun 2004, 6.000 pada tahun 2005, menjadi lebih dari 9.100 pada tahun 2006.

Festival Kembang Api di Inggris

Salah satu kesempatan terbesar untuk festival kembang api di Inggris adalah Malam Guy Fawkes yang diadakan setiap tahun pada tanggal 5 November, sementara yang terbesar di Irlandia Utara berlangsung di saat Halloween. Guy Fawkes adalah Malam perayaan upaya penggagalan Plot Bubuk Mesiu pada tanggal 5 November 1605, sebuah usaha untuk membunuh Raja James I.

Festival Kembang api terbesar di Inggris yaitu (per 30 Oktober 2008):
(Simbya: buseet banyak banget ya)

  • Battle Fireworks, di East Sussex
  • Hastings Fireworks, di East Sussex
  • After Dark fireworks, di Sheffield
  • Sparks in the Park (Cardiff Round Table charity fireworks), di Cardiff
  • Flaming Tar Barrels, di Ottery St Mary
  • Blackheath Fireworks, di London
  • Fireworks with Vikings, Tdi utbury, Staffordshire
  • Bangers on the Beach (Holyhead Round Table charity fireworks), di Holyhead
  • Bught Park fireworks, di Inverness
  • Glasgow Green fireworks di Glasgow
  • Halloween Happening fireworks, di Derry
  • Midsummer Common, di Cambridge

Kembang api pada acara tahun baru di London - Lebih Lanjut tentang Kembang Api Fireworks - www.simbya.blogspot.com
Kembang api pada acara tahun baru di London


Festival Kembang Api di Amerika Serikat

Kembang api palem di Tybee Island, Georgia - Lebih Lanjut tentang Kembang Api Fireworks - www.simbya.blogspot.com
Kembang api palem di Tybee Island, Georgia
Pemukim (penduduk, warga) awal di Amerika membawa antusiasme mereka untuk kembang api ke Amerika Serikat. Fireworks atau kembang api digunakan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting jauh sebelum Perang Revolusi Amerika.

Perayaan pertama dari Hari Kemerdekaan di 1777, menggunakan kembang api sebagai bagian dari semua perayaan. Pada tahun 1789, pelantikan George Washington juga disertai dengan pertunjukan kembang api. Ini daya tarik awal dengan kebisingan dan warna mereka berlanjut sampai hari ini. Pada Malam Tahun Baru, ada kembang api malam khusus menunjukkan untuk tanda awal Tahun Baru, salah satu yang paling populer dari semua adalah Festival Tahun baru di New York City Times Square.

Pada tahun 1999, Walt Disney World di Lake Buena Vista, Florida, memelopori penggunaan kembang api udara secara komersial yang diluncurkan dengan menggunakan udara terkompresi dan bukannya pada untuk acara Epcot dan IllumiNations: Reflections of Earth. Kembang api udara yang terkompresi ini menggunakan sebuah timer elektronik. Keuntungan dari peluncuran udara yang terkompresi ini adalah pengurangan asap, dan keakuratan waktu yang lebih tinggi. The Walt Disney Company adalah konsumen terbesar kembang api di Amerika Serikat. Saat ini, pertujukan terbesar piroteknik tahunan di Amerika Utara adalah Thunder Over Louisville yang menandai dimulainya acara Kentucky Derby Festival.

Klasifikasi Kembang Api di Inggris

Inggris memiliki sistem sendiri mengklasifikasi kembang api.
Kategori 1 - kembang api dalam ruangan; untuk digunakan di daerah kecil.
Kategori 2 - kembang api taman; harus aman dapat dilihat dari 5 meter (16 ft 5 in) dan tidak boleh menyebarkan puing-puing di luar 3 meter (9 ft 10 in).
Kategori 3 - kembang api display; harus aman dapat dilihat dari 25 meter (82 kaki) dan tidak boleh menyebarkan puing-puing di luar 50 meter (164 kaki).
Kategori 4 - kembang api profesional; seseorang harus memiliki asuransi yang memadai dan penyimpanan untuk membeli dan menggunakan kembang api. Asuransi hanya dapat diperoleh setelah mereka memiliki pengetahuan tentang penggunaan yang aman dan penyimpanan Kategori 4 kembang api.

Senyawa Piroteknik

Efek cahaya pada Kembang api - Lebih Lanjut tentang Kembang Api Fireworks - www.simbya.blogspot.com
Efek cahaya pada
Kembang api
Warna dalam kembang api biasanya dihasilkan oleh piroteknik bintang - biasanya hanya disebut bintang - yang menghasilkan cahaya yang kuat saat dinyalakan. Bintang mengandung lima jenis bahan dasar.

Sebuah bahan bakar yang memungkinkan bintang untuk terbakar
Senyawa Oksidator senyawa yang menghasilkan (biasanya) oksigen untuk mendukung pembakaran bahan bakar
Bahan kimia Pewarna
Sebuah pengikat yang memegang pelet bersama-sama.
Suatu donor klorin yang menyediakan klorin untuk memperkuat warna api. Kadang-kadang oksidator dapat memenuhi tujuan ini.

Jenis Efek Kembang Api

Peony
Sebuah bola bintang berwarna yang terbakar tanpa efek ekor. Peoni adalah jenis shell yang paling sering terlihat.

Chrysanthemum
Sebuah pecahan bulat dari bintang berwarna, mirip dengan peoni, tetapi dengan bintang-bintang yang meninggalkan jejak percikan api.

Dahlia
Dasarnya sama dengan shell peoni, tetapi dengan bintang-bintang lebih sedikit dan lebih besar. Bintang-bintang ini menempuh jarak yang lebih jauh dari biasanya dari shell yang pecah sebelum terbakar habis.

Willow
Mirip dengan Chrysanthemum, namun memiliki pancaran yang secara kontinyu berkurang (memadam)

Ground Bloom Flower
Ground Bloom Flower saat dinyalakan, melepaskan flare kecil dengan suatu dorongan dan cepat berputar dan menyebabkan ilusi bahwa itu berasal dari semua sudut. Seperti berputar, warna nyala api biasanya akan berubah dan sering berakhir dengan warna nyala oranye (warna dari hidrokarbon terbakar di oksigen).

Palm (Kelapa sawit)
Efek kembang kembang api yang pecah dan memberi ilusi bagai pohon kelapa palem.

Cincin
Sebuah shell dengan bintang khusus diatur sedemikian rupa untuk membuat cincin. Variasi termasuk wajah smiley, hati, dan clover cengkeh.

Mahkota
Kembang api Kamuro - Lebih Lanjut tentang Kembang Api Fireworks - www.simbya.blogspot.com
Kembang api
Kamuro
Suatu jenis Peony atau Krisantemum dengan pusat cluster non-bintang bergerak, biasanya efek dari warna yang kontras.

Kamuro
Kamuro adalah kata Jepang yang berarti "Potongan Rambut Anak". Sebuah ledakan padat dari perak berkilauan atau bintang emas yang berkilau meninggalkan jejak yang berat dan sangat mengkilap di langit malam.

Crossette
Sebuah shell yang mengandung bintang-bintang besar beberapa yang menempuh jarak pendek sebelum terpisah menjadi bintang-bintang yang lebih kecil, menciptakan grid simpang siur. Tegasnya, bintang Crossette harus membagi menjadi 4 bagian yang terbang simetris. Setelah terbatas pada efek perak atau emas, crossettes berwarna seperti merah, hijau, atau putih sekarang sangat umum.

Laba-laba
Kembang Api Laba-Laba - Lebih Lanjut tentang Kembang Api Fireworks - www.simbya.blogspot.com
Kembang Api
Laba-Laba
Sebuah shell mengandung sebuah bintang berekor cepat terbakar atau arang yang meledak sangat keras sehingga bintang-bintang berjalan di lintasan lurus dan rata sebelum jatuh dan terbakar sedikit keluar. Ini muncul di langit sebagai serangkaian garis radial seperti kaki laba-laba.

Ekor kuda
Dinamakan untuk bentuk istirahat nya, shell ini memiliki berat yang lama pembakaran bintang berekor yang hanya menempuh jarak pendek dari shell meledak sebelum jatuh bebas ke tanah. Juga dikenal sebagai shell air terjun. Kadang-kadang ada berkilauan melalui "air terjun."

Time Rain
Efek yang diciptakan besar, bintang lambat terbakar dalam shell yang meninggalkan jejak bunga api berkilauan besar di belakang dan membuat suara mendesis. "Time" mengacu pada fakta bahwa bintang-bintang ini membakar diri secara bertahap, sebagai lawan dari "hujan" efek standar dimana sejumlah besar bahan berkilauan dilepaskan sekaligus.

Multi-break shells
Sebuah shell besar berisi kerang beberapa yang lebih kecil berbagai ukuran dan jenis. Ledakan awal menaburkan kerang di langit sebelum mereka meledak.

Ikan
Efek Kembang api seperti flare ikan-ikan kecil yang berkerumun secara acak.

Salute
Salute dimaksudkan untuk menghasilkan sebuah efek dentuman keras daripada sebagai efek visual. Ketika shell meledak memiliki dentuman keras dengan bola api.

Mine
(aka. panci à Feu) adalah kembang api darat yang meluncurkan bintang-bintang dan/atau garnitures lainnya ke langit. Tembakan dari mortir seperti shell, Mine terdiri dari tabung dengan muatan mengangkat di bagian bawah dengan efek ditempatkan di atas.

Bengal fire
Bengal api atau cahaya Bengal menghasilkan kembang api berwarna biru terang. Hal ini sering dibuat dengan menggunakan kombinasi dari potasium nitrat dan senyawa tembaga.

Lilin Romawi
Sebuah lilin Romawi adalah tabung panjang berisi beberapa bintang-bintang besar yang akan terbakar pada interval yang teratur. Ini biasanya disusun dalam bentuk kipas atau bentuk malang-melintang, pada jarak dekat dengan penonton.

Kembang Api Kue
Sebuah kembang api kue adalah sekelompok tabung individu dihubungkan oleh sekering. Sebuah kue tunggal dapat memiliki lebih dari 1.000 tembakan. Berbagai efek dalam kembang api kue membuat mereka diberi nama samar seperti "Segitiga Bermuda", "Pyro Glyphics", "Badai Musim Panas", "Wakeup Waco", dan "Laba-laba Beracun". ***

Lebih Lanjut tentang Kembang Api
Kata kunci: fakta menarik, umum, sains, spesial, kimia, permainan, teknologi

Suka artikel ini ?   Suka situs ini ?  

Diterjemahkan secara khusus dari Wikipedia English untuk Simbya. By Hikmat Surya Permana, mohon maaf terjemahannya kejar tayang :D

Popular Posts