Tips dan Trik Perkalian 11

Kata Kunci : matematika, raraban, spesial, teknik perkalian, tips, trik

Tips dan Trik Perkalian 11 - Simbya
Tips dan Trik Perkalian 11
Sekarang kita akan membahas Tips dan Trik Perkalian 11. Bagi yang belum melihat trik perkalian 9, kalian bisa lihat dulu Tips dan Trik Perkalian (Raraban) 9 agar kalian bisa membuktikan keindahan dan kemudahan Matematika :D Percayalah matematika itu adalah pelajaran yang paling simpel, bila kalian tahu tekniknya. Karena itu simpan dan catat link halaman Simbya ini di browser internetmu dengan menekan Tombol [CTRL+D]. Karena kedepannya akan sangat banyak teknik-teknik matematika yang asyik dan jitu disimpan di Simbya ini.


Oke kita bergerak naik ke angka 11.

Pertama, perkalian 11 dengan 1 angka (istilah gaulnya satu dijit, atau juga satuan). Ini mudah sekali, kalian tinggal jajarkan saja angka itu sebanyak dua buah. Misalnya :

Contoh soal 1 : 11 x 2,
maka jawabannya adalah kalian jajarkan angka yang dikalikan dengan 11 itu sebanyak 2 buah, dalam soal ini adalah angka 2 dijajarkan dua buah yaitu : 22

Contoh soal 2 : 11 x 5
maka hasilnya adalah 5 dijajarkan dua buah, hasilnya adalah 55

Mudah kan? bila kalian ragu dengan jawabannya silakan gunakan Teknik Memencet Kalkulator untuk memeriksa hasilnya... :D

Contoh soal 3 : 11 x 9
maka hasilnya adalah 9 dijajarkan dua buah yaitu : 99.

Mudahkan ?!


Oke sekarang pak Hikmat akan menaikkan levelnya ke level lebih tinggi yaitu Perkalian angka 11 dengan 2 angka (istilah kerennya adalah dua dijit, atau juga puluhan). Hasil perkaliannya adalah kalian tinggal menjumlahkan angka yang dikalikan dengan 11 itu kemudian hasilnya sisipkan ditengah-tengah angka itu. Terlihat membingungkan ya? Agar lebih jelas kita langsung ke contoh soal atau TKP.

Contoh soal 4 : 11 x 21
maka hasilnya adalah penjumlahan dari angka yang dikalikan dengan 11, pada soal ini yaitu penjumlahan 2 dengan 1 (hasilnya 3) kemudian simpan hasilnya ini (angka 3) diantara angka yang dikalikan dengan angka 11 tersebut (21). Maka hasilnya adalah 231.

Contoh soal 5 : 11 x 35
maka hasilnya adalah penjumlahan 3 + 5 ( 8 ) dan hasilnya simpan diantara 3 dan 5. Jadi hasilnya adalah 385.

Contoh soal 6 : 11 x 72
maka hasilnya9 adalah penjumlahan 7 + 2 ( 9 ) dan hasilnya simpan diantara 7 dan 2. Jadi hasilnya adalah 792.

Catatan. teknik ini berlaku bila hasil penjumlahan angka yang dikalikan dengan 11 berada dibawah sepuluh. Bila penjumlahannya diatas sepuluh, teknik yang digunakannya berbeda pula, bukan teknik ini, dan akan dibahas di tulisan pak Hikmat berikutnya, agar kalian tidak overload. Tahukah kalian apa arti overload itu? Silahkan kalian cari artinya di http://translate.google.co.id/ :D
 
Mengertikah? Mudah-mudahan apa yang pak Hikmat jelaskan disini mudah dimengerti. Bila masih tidak mengerti kalian bisa hubungi pak Hikmat disini :



Sumber: Ayahanda (alm) Ir. Andi A.S Sumir'at, M.Sc

Popular Posts