Video Games Dapat Mengurangi Depresi


Kata Kunci : penelitian, video game
Penelitian menunjukkan video game kasual dapat mengurangi depresi.  Bermain video game kasual seperti Bejeweled dapat membantu mengurangi depresi dan kecemasan pada pasien depresi, begitu menurut hasil penelitian.

Seseorang sedang bermain video game pada sebuah handphone - Video Games Dapat Mengurangi Depresi - Simbya
Bermain game pada sebuah alat komunikasi.
Para peneliti di East Carolina University Psychophysiology Lab and Biofeedback Clinic menemukan bahwa pasien yang bermain Bejeweled 2, Peggle dan Bookworm Adventures mengalami pengurangan gejala depresi mereka lebih dari setengahnya. Studi yang dilakukan dengan 59 subyek antara Agustus dan November 2010 ini dibiayai oleh PopCap Games. Penelitian ini diharapkan akan diterbitkan akhir tahun ini dalam sebuah jurnal psikofisiologi terapan dan biofeedback.

Para peneliti membagi 59 subyek dengan depresi: 30 bisa memainkan salah satu dari game; yang 29 lainnya menjabat sebagai kelompok kontrol dengan surfing National Institute halaman Web Kesehatan Mental di depresi. Mereka yang bermain game memiliki pengurangan yang signifikan dalam gejala depresi: tujuh yang mengalami depresi sedang hingga berat dipindahkan ke kategori depresi ringan atau minimal, dan lima dari sembilan subyek dengan depresi ringan turun menjadi depresi minimal.

Dr. Carmen Russoniello, direktur laboratorium dan profesor yang mengawasi penelitian, hasil dari studi ini adalah yang pertama untuk mengukur efektivitas video game dalam mengurangi depresi dan kecemasan. Temuan lain termasuk perbaikan di segala aspek mood. Efeknya adalah jangka pendek (30 menit setelah bermain) dan jangka panjang (satu bulan kemudian).

"Menurut pendapat saya temuan itu mendukung kemungkinan penggunaan resep video game kasual untuk mengobati depresi dan kecemasan sebagai tambahan, atau mungkin pengganti terapi standar, termasuk obat-obatan," kata Russoniello dalam sebuah pernyataan.



Sumber: USA Today

Popular Posts